Sabtu, 03 Maret 2012

FUNGSI DAN PERBEDAAN CACHE L1 DAN CACHE L2


Kita pasti sudah sering mendengar tentang sebuah benda yang kecil yang memiliki kehebatan yang luar biasa. Processor sama saja dengan otak kita, yang mempunyai daya ingat. Nah… daya ingat di komputer ini sangat berbeda. Jika kita mengingat tidak ada batasannya, maka processor ada batasannya. Batasannya diatur oleh Cache L1 dan Cache L2. Yang dimaksud dengan L1 dan Cache L2 adalah memori sementara pada processor. Jadi ketika komputer dimatikan, maka ingatan yang ada pada processor pun akan hilang. L1 dan L2 mempunyai fungsi dan perbedaan, diantaranya adalah.
Funsgi Cache L1:
  • Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
    Fungsi Cache L2:
  • Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.
Perbedaannya adalah:
  • Cache F1 adalah memori yang utama.
  • Kecepatannya sama dengan kecepatan processor
  • Cache F2 adalah memori yang kedua (sekunder)
  • Kecepatannya dibawah kecepatan Cache L1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar